Senin, 06 Februari 2012

Apa Kura-Kura Radiata itu ?


Kura-kura Geochelone Radiata adalah salah satu tortoise (spesies kura-kura) tercantik di dunia yang berasal dari Madagaskar.

Bentuk tempurung (carapace) bundar dengan warna dasar gelap berhias motif khas berwarna kuning terang.

Habitat : Hutan hujan tropis di bagian paling selatan di hutan hujan Madagaskar.  Banyak terdapat di kawasan rawa-rawa dan sungai.

Taken from : Sinar Tani Ed. 4- 10 Agustus 2010 no. 3366 Tahun XL p: 13 (Kura-Kura Radiata, Si Cangkang Cantik dari Afrika)

Garis garis kuning di tempurung radiata tersebar dari bagian tengah plat plat berwarna gelap yang ada di permukaan tempurungnya. Pola ini berbentuk seperti radiasi bintang, hal inilah yang kemudian menjadi nama ilmiah sekaligus nama popular dari kura kura ini. Pola dari kura kura radiata lebih rumit dan lebih mendetail dibandingkan dengan kura kura Indian Star.

Radiata bisa hidup hingga ratusan tahun jika dipelihara dengan benar. Beratnya bisa mencapai 16 kilogram dengan panjang tempurung hingga 40 cm. Meskipun keras, tempurung radiata bisa merasakan elusan atau sentuhan makhluk lain. Ini dikarenakan tempurung radiata dipenuhi oleh syaraf dan aliran darah seperti juga kura kura lainnya.

Taken from : http://www.satwaunik.com/informasi-umum/radiata-si-tortoise-cantik

by. nana daesri

Ps. Subhanallah . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar