Jumat, 26 Juli 2013

Apa Paper Quilling itu ?


Paper = kertas
Quilling = menggulung

Paper quilling adalah kerajinan tangan dengan cara menggulung kertas khusus quilling sehingga menjadi bentuk yang unik

Paper quilling adalah seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Di Indonesia sendiri paper quilling sudah cukup populer, tetapi belum sepenuhnya menyebar.


















Sejarah Paper Quilling :
Seni menggulung kertas telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dahulu namanya adalah paper filigree atau roll work. Di negara Perancis dan Italia pada masa itu, seni paper quilling ini digunakan untuk menghiasi ornamen yang bersifat keagamaan.

 
Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree.












Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.


Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling.

 
Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.

Pangsa pasar untuk jenis kerajinan yang satu ini, masih sangat terbuka lebar dengan harga jual yang lumayan tinggi. Karena ini adalah bisnis kreatif, maka tidak pernah ada batasan pasar bagi bisnis kreatif. Semakin kreatif kita dalam menjalankan bisnis ini semakin terbuka lebar pemasaran kita.
















Taken from : http://caritau-yuk.blogspot.com/2011/02/macam-macam-kerajinan-tangan.html
                      http://simplequilling.blogspot.com/2013/01/sejarah-paper-quilling.html

Sumber gambar : http://carolynshomework.blogspot.com/2011/02/inkling-paper-quilling.html
                           http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7127772994535376800#editor
                           http://learn-paper-quilling.blogspot.com/
                           http://www.kwikdeko.com/blog/paper-quilling/

by. nana daesri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar